Selasa, 02 Februari 2016

Apa sebenarnya pengertian PABX

Bagi orang-orang yang bekerja di perkantoran, perhotelan atau di rumah sakit pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah PABX. Apa sebenarnya pengertian PABX itu?

Apa sebenarnya pengertian PABX


Mengutip dari halaman Wikipedia.org, PABX merupakan singkatan dari Private automatic branch exchange adalah sebuah otomatis telepon switching system. Yaitu suatu perangkat keras Elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian internal ( extension to extension) dengan external (out going dan incoming). Biasanya digunakan dalam ruang lingkup instansi atau kantor yang banyak membutuhkan sambungan telekomunikasi. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik.

Sebenarnya pengertian PABX dikenal sebagai PBX atau Private branch exchange yaitu system swiching telepon dengan adanya satu orang operator yang bertugas mengatur adanya telepon yang masuk atau telepon yang keluar.

Nama dan pengertian PABX sendiri lebih dikenal di kalangan orang asia, sedangkan orang eropa mengenalnya dengan istilah PBX.

Pada saat ini system manual sudah banyak di tinggalkan dikarenakan telah banyak lahir mesin otomatis yang dapat mengatur swiching-nya.

Dengan menggunakan perangkat PABX, maka satu nomor telepon atau satu saluran yang disediakan oleh penyedia jasa saluran telepon, bisa dibuat cabang-cabang menjadi beberapa nomor sesuai dengan kapasitasnya.

Cara kerja dan Pengertian PABX

Fungsinya untuk penghematan biaya, contohnya jika sebuah perusahaan memiliki kantor pusat dan cabang, yang mungkin cabang - cabang tersebut berada jauh di luar kota bahkan luar negeri sekalipun. Dengan di satukannya system pabx, maka untuk menghubungi cabang melalui telepon tidak memerlukan biaya pulsa, cukup komunikasi internal saja.

Tipe dan jenis PABX


PABX DIGITAL


PABX digital adalah PABX yang mempunyai output atau extension berupa data digital. untuk PABX jenis ini data digital perlu dikonversikan dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. tiap-tiap merk mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan istilah berbeda juga. contoh Merk Panasonic menyebutnya key telephone, Digital phone. NEC menyebutnya multi line terminal.

PABX ANALOG


PABX Analog adalah PABX yang mempunyai output analog atau extentionnya berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut Singgle Line Telephone (SLT).

PABX Hybrid


PABX Hybrid adalah PABX gabungan antara dua sistem diatas. Oleh karena itu sistem ini mempunyai 4 cable(2pair-1 pair analog 1 pair digital) pada setiap outputnya.

PABX IP


PABX IP (Internet Protocol) adalah PABX yang hanya mengunakan protocol IP untuk interkoneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP mengunakan RJ45 untuk koneksinya.

Pentingnya PABX sebagai kebutuhan


Perangkat PABX dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.

PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.

PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.


Sudahkah Kantor Anda Dilengkapi PABX?


Kesimpulannya, PABX sangat penting untuk kebutuhan bisnis jaman sekarang, terutama untuk efisiensi telekomunikasi. Jika Anda berencana memasang sistem PABX di kantor Anda, pastikan skala kebutuhan Anda terlebih dahulu. Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan PABX Anda dan peralatan telekomunikasi kantor lainnya dengan menghubungi NT Solusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar